Jumat, 30 September 2011

Aktivitas Terbaik di Pagi Hari

Pagi hari adalah saat terbaik untuk memulai suatu aktivitas. Saat tubuh kita sudah selesai beristirahat semalaman di tempat tidur, maka tentunya kita harus mulai menggerakkan tubuh kita untuk mengisi kehidupan yang telah dan masih diberikan kepada kita semua.


Begitu banyak pilihan pilihan aktivitas yang dapat kita lakukan di pagi hari sebagai awalan untuk aktivitas  kita selanjutnya, sebagaimana minat, bakat dan profesi tentunya.

Bagi yang pelajar atau sedang belajar, saat pagi hari adalah saat terbaik bagi kita untuk memulai belajar, karena pikiran dan tubuh yang masih segar akan memudahkan masuknya ilmu pengetahuan ke dalam diri. Sehingga bacaan yang dibaca pagi hari konon akan dapat menancap kuat kedalam memori dan ingatan seseorang. Itulah mengapa, banyak sekali surat kabar harian atau koran yang sudah ada di meja atau rumah rumah kita di pagi pagi buta, dan banyak dari kita yang sudah memiliki kebiasaan untuk membaca, minimal koran di pagi hari.

Banyak juga dari kita yang melakukan aktivitas gerak tubuh, olahraga di pagi hari. Aktivitas olahraga yang dilakukan pada pagi hari akan menyegarkan tubuh, pikiran dan hati, sehingga akan membawa kehidupan yang positif sepanjang hari yang kita jalani. Paling tidak di hari Minggu pagi, kita semua mendapati begitu banyak orang melakukan aktivitas gerak tubuh ini. Dari mulai anak-anak, anak muda, dewasa hingga lanjut usia, semuanya berlomba mendapatkan kemanfaatan dari olahraga ini. Apalagi bagi mereka yang sedang menderita sakit tertentu atau mungkin yang sudah lanjut usia, olahraga adalah terapi terbaik untuk kesehatan dan panjang umur.

Saya sendiri memiliki kebiasaan 'buruk' untuk urusan aktivitas pagi ini. Entah kenapa, saya paling malas beraktivitas di pagi hari. Dulu waktu kecil, saya termasuk orang yang paling susah dibangunkan ketika pagi, sholat shubuh, mandi dan berangkat ke sekolah. Demikian juga ketika sudah mulai bekerja,  tubuh ini hanya bangun sebentar untuk sholat shubuh kemudian segera tidur lagi. Mungkin, tubuh saya kurang begitu kuat atau terlalu capek pada aktivitas hari sebelumnya, sehingga seolah olah istirahat yang dimiliki masih kurang dan perlu ditambah lagi. Pun pada hari libur, kesempatan untuk tidur lagi selepas shubuh pun menjadi lebih lama karena tidak perlu berangkat ke sekolah atau ke kantor.

Sebagai seorang muslim, aktivitas terbaik pertama yang dilakukan di pagi hari adalah beribadah kepada Alloh, melakukan Sholat Shubuh. Dan sebagai adab dan keutamaannya adalah melakukannya secara berjamaah di Masjid. Tapi terkadang, kebiasaan seperti itu diatas akan menyulitkan saya untuk dapat mengikuti sholat shubuh berjamaah di masjid. Kalaupun dapat sholat shubuh berjamaah sering setelahnya segera buru buru pulang ke rumah untuk segera tidur lagi.


Mungkin karena aktivitas kerja yang begitu menguras energi, sehingga apabila istirahat tidur malam saya kurang akan dapat mengganggu aktivitas pada siang harinya, sehingga kesempatan tidur menjadi sangatlah berharga ... :)

Padahal, saya sering mendengar ada hadist dari Rasulullah mengenai keutamaan ibadah di pagi hari, baik sebelum dan sesudah sholat shubuh.

Aisyah RA meriwayatkan dari Nabi SAW, Beliau bersabda : "Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi) 


Dari Anas bin Malik ra, beliau berkata: Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa mengerjakan shalat Shubuh di masjid dengan berjamaah, lalu dia duduk berdzikir sampai matahari terbit, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat, maka ia akan mendapatkan pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR. At-Tirmidzi no.591)


Sholat sunah sebelum subuh > dunia dan seisinya
Sholat sunah dua rakaat di masjid saat matahari terbit = haji dan umrah

Beruntung dengan aktivitas saya yang fleksibel saat ini memudahkan untuk berusaha menggapai kemanfaatan dari ibadah di pagi hari tersebut. Paling tidak niat dan ikhtiar untuk memulainya sudah dilaksanakan, tinggal memunculkan sikap konsisten / istiqomah saja.

Berdasarkan pengalaman, ada satu manfaat yang dapat saya rasakan langsung dengan melakukan aktivitas di pagi hari secara rutin yaitu dalam kurun waktu dua bulan saya dapat menghafal 1 Juz Al-Quran. :-) Iya, hafalannya hanya di pagi hari saja, setelah sholat shubuh sampai matahari terbit, kira kira setengah jam setiap harinya. Memang hanya satu juz saja dapatnya, itu juga kalau tidak rutin waktu yang dibutuhkan akan semakin lama, tapi paling tidak ini dapat dijadikan semangat untuk aktivitas lebih baik lagi.

Dan terakhir, memang tidaklah mudah bagi kita yang memiliki rutinitas berat atau jadwal tertentu yang mengikat untuk mengerjakan aktivitas ibadah di pagi hari. Seperti tukang sayur yang mesti bergelap gelap berangkat ke pasar untuk belanja sayur, atau karyawan yang kantornya jauh sehingga mesti berangkat di awal hari, atau kesibukan kesibukan lainnya. Sehingga hanya kepada Alloh-lah kita mohon pertolongan dan kemudahan atas kehidupan kita.

Tidak ada komentar: